-->

6 Tips Teknik Untuk Menghasilkan Foto Produk Yang Keren

6 Teknik Untuk Menghasilkan Foto Produk Yang Keren




Fotografi produk sebenarnya bukan hanya berbicara mengenai ‘keindahan/kecantikan’ suatu produk/barang tapi juga sebagai promosi dan penjualan. Karena dengan menampilkan foto produk anda yang berkualitas tinggi di setiap situs ternama (seperti amazon) ataupun juga melalui sebuah pameran yang dapat dilihat oleh banyak orang, maka hal tersebut akan membantu anda dalam menghasilkan keuntungan yang besar.

Dalam bidang fotografi, melakukan product photos shot bisa saja sangat sulit atau bahkan mengintimidasi, karena untuk menghasilkan foto produk yang bagus, harganya mahal. Itulah sebabnya, ada puluhan/ratusan alat pemotretan yang tersedia untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Sebagai pemilik usaha yang hanya bergantung pada perusahaan lain dan perusahaan kecil yang hanya mendapatkan penghasilan dari usahanya sehari-hari, maka sudah pasti bahwa tidak selamanya uang akan selalu ada.

Nah, kalau begitu, haruskan menyerah dengan kondisi keuangan yang minim untuk memperoleh foto produk yang bagus? Tentu saja tidak, karena anda dapat menggunakan cara ini yaitu pendekatan DIY (do it yourself) untuk menciptakan foto produkmu sendiri yang bagus dan keren. Melakukan cara ini tidaklah sukar seperti yang anda pikirkan yang penting bertindaklah terlebih dahulu jangan hanya dipikirkan terus-menerus.

Tanpa harus panjang lebar lagi, maka berikut ini adalah 12 teknik foto produk yang super untuk menghasilkan foto produk yang menarik dan menakjubkan yang bisa kami (foto.co.id) sediakan buat anda.

1.  Kamera







Memiliki kamera yang mahal memang bagus karena dilengkapi dengan peralatan yang berkualitas tinggi, tapi hal tersebut bukanlah satu-satunya penentu dalam menghasilkan gambar yang bagus. Jika anda tidak sanggup membeli kamera yang mahal, maka mulailah dengan kamera yang sanggup anda miliki dan lihatlah hasilnya. Ingatlah bahwa foto yang bagus tercipta dari serangkaian pilihan dengan menggabungkan pencahayaan, gaya, serta pengolahan pasca pemotretan.

Sekarang ini, pengguna kamera DSLR (digital single lens reflex) semakin bertambah setiap tahunnya. Jadi jika anda berencana untuk melakukan pemotretan dalam jumlah yang banyak, maka sangat disarankan untuk berinvestasi dalam kamera digital yang baik. Pilihan anda tentang kamera yang hendak digunakan dapat memberikan efek yang signifikan terhadap hasil akhir dari foto produk anda. Karena itu, hati-hatilah dalam menentukan kamera apa yang hendak anda beli. Jika hal itu (membeli kamera yang berkualitas bagus) tidak ada dalam daftar anggaran belanja anda sekarang, maka gunakanlah iphone. Aplikasi gratis seperti VSCO Cam akan membantu anda mendapatkan beberapa gambar yang bagus dari kamera smartphone anda. Gambar yang bagus khususnya akan muncul/terlihat dalam situs seperti Instagram, Facebook, Pinterest, dan lain sebagainya.

2. Latar dan Pencahayaan

Saat mengatur lokasi pemotretan anda, mulailah dengan mencari tahu jenis latar belakang dan pencahayaan seperti apa yang anda butuhkan untuk foto produk anda. Misalnya, cara menyiapkan lampu buat sebotol anggur benar-benar berbeda dari cara mengatur lampu untuk sebuah telepon genggam.

Terkadang latar belakang putih atau hitam tidak memberikan tampilan terbaik untuk foto produk anda, terutama untuk produk-produk yang perlu ditampilkan dalam kehidupan seseorang. Misalnya, tas bisa dengan mudah difoto dengan latar belakang putih bersih, tetapi anda mungkin juga ingin untuk menunjukkan seorang wanita yang mengenakan tas untuk memberikan konteks yang tepat; Mengambil foto seperti kacamata baik didalam dan diluar hemparan sinar matahari; Mengambil gambar jam tangan baik itu dikenakan atau tidak. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk tertarik pada foto produk yang kita promosi/jual serta dapat meningkatkan kepercayaan mereka (pelanggan) untuk membeli barang yang belum pernah mereka lihat secara langsung.

3. Tripod

Lebar/luas tempat pemotretan memberikan petunjuk untuk memperoleh fokus pemotretan yang lebih tajam dan bagus serta memperbesar atau menghentikan fokus kamera yang sedang aktif. Jika pencahayaan yang anda peroleh pada lokasi pemotretan kurang, maka anda perlu melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan membuat shutter speed menjadi pelan agar memberikan ruang yang cukup untuk pencahayaan. Tapi, saat shutter speed berada pada posisi lambat, maka anda tidak dapat memegangnya dengan tangan karena hasilnya akan tidak bagus. Itulah sebabnya tripod merupakah pilihan terbaik yang bisa digunakan untuk menolong anda dalam melakukan pemotretan.

4. Sudut Foto

Saat anda mengambil gambar, cobalah gunakan sudut yang berbeda-beda satu sama lain. Bermain-mainlah dengan setiap sudut yang ada pada tempat pemotretan anda sambil memperhatikan hal-hal unik yang ada disekitar anda, karena anda tidak pernah tahu sudut seperti apa yang akan nampak pada pandangan anda yang memberikan tampilan foto anda menarik untuk dilihat. Jangan lupa untuk menampilkan ukuran produk anda secara akurat dengan bentuk dan kualitas foto yang jelas untuk memastikan penjualan laris dan pelanggan puas.

5. Tenang

Saat anda mengambil gambar, cobalah untuk relax (tenang) dan jangan tegang (gugup) karena getaran/goyangan sedikit saja dapat memberikan efek yang kurang bagus untuk foto anda. Selain itu, semakin dekat posisi anda dengan subjek anda, maka gambar yang anda ambil semakin blur. Itulah sebabnya, gunakanlah tripod untuk membantu menjaga kestabilan kamera anda. Sebagai tambahan, anda dapat menggunakan built-in timer yang ada pada kamera anda untuk mengurangi guncangan yang dapat terjadi pada kamera anda serta memaksimalkan keakuratan gambar anda. Bila anda menggunakan kamera hp, maka pertimbangkanlah sandaran kamera smartphone anda dengan baik, apakah telah tersandar pada objek yang kokok atau tidak untuk mengurangi getaran.

6. Edit

Setelah selesai mengambil gambar, mulailah untuk memeriksa setiap gambar yang diperoleh. Pemeriksaan pasca pemotretan memberikan anda kesempatan untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas foto anda. Bahkan jika anda membuat kesalahan kecil saat mengambil gambar, perangkat lunak yang tepat dapat membantu anda untuk memberikan hasil akhir yang sempurna dalam foto anda.

Adobe photoshop merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa anda gunakan dalam proses pemeriksaan. Adobe photoshop merupakan perangkat yang bagus, tapi tidaklah murah. Jika Anda tidak memiliki akses ke adobe photoshop, maka ada banyak pilihan bebas lainnya yang dapat anda gunakan. Misalnya, pixlr dditor. Pixlr editor adalah perangkat yang kualitasnya hampir sama dengan photoshop dan itu adalah sebuah aplikasi berbasis web gratis. Disamping itu juga, anda dapat menggunakan image editor aviary langsung pada editor wix sehingga membuat foto anda benar-benar bersinar.

Kesimpulan

Akhirnya kita tahu bahwa foto produk merupakan hal yang sulit untuk dilakukan serta memakan waktu yang banyak. Adalah sangat gampang untuk cepat mengangkat tangan (menyerah) dan berkata dalam hati seperti seseorang yang baru saja kalah dalam pertandingan yang besar seperti final piala dunia. Payah. Ternyata susah. Lebih baik berhenti saja!

Ingatlah bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Sekalipun sulit untuk memulainya, teruslah jalani. Jangan mudah menyerah dan tetaplah berusaha, maka anda akan melihat kualitas fotografi anda meningkat serta foto-foto yang anda hasilkan sesuai dengan keinginana anda. Demikianlah artikel yang bisa kami sediakan. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba

0 Response to "6 Tips Teknik Untuk Menghasilkan Foto Produk Yang Keren"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel